Search

PBNU Ajak Warga Nahdliyin Tonton Film “Sang Kiai”

Posted by Zam on Friday, May 10, 2013


Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyambut baik film Sang Kiai yang akan diputar mulai 20 Mei 2013 mendatang. Film layar lebar produksi Rapi Film yang mengisahkan perjalanan hidup dan perjuangan pendiri NU KH Hasyim Asy'ari tersebut dinilai sarat catatan sejarah yang layak tonton.

"Saya secara pribadi dan atas nama NU mengimbau seluruh Nahdliyin untuk menyaksikan film ini. Ini film bagus," kata Said sesaat setelah menerima pimpinan Rapi Film di kediamannya di Jakarta, Jum’at (10/5).

Salah satu penggalan menarik dari film Sang Kiai, menurut Said, adalah saat utusan Presiden Soekarno mendatangi KH Hasyim Asy'ari untuk menanyakan hukum ikut peperangan melawan penjajah Belanda.

"Saat itu Mbah Hasyim menjawab hukumnya wajib. Jadi jihad dalam konteks bela negara memang wajib dilakukan oleh setiap warga negara, termasuk saat itu Nahdliyin," ungkapnya.

Ia menambahkan, banyak catatan sejarah keikutsertaan NU dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang terangkum dalam film Sang Kiai.

"Banyak sejarah NU yang di zaman Orde Baru disembunyikan, diungkapkan di film Sang Kiai," tuturnya.

Bagi Anda yang penasaran dengan film Sang Kiai, berikut bocoran trailernya:

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment