Search

Naskah Ditolak Self Publishing Bertindak

Posted by Zam on Wednesday, November 20, 2013

Salah satu ketakutan para penulis pemula untuk menerbitkan buku adalah naskah ditolak oleh penerbit. Padahal, beberapa penulis dunia ternama pernah mengalami hal serupa. Ibarat pepatah, naskah ditolak self publishing bertindak.

Beberapa nama penulis dunia ngetop, yang mengalami penolakan naskah dan banyak diantaranya sudah sukses menerbitkan buku secara mandiri antara lain: Stephen King saat menulis novel pertamanya, ‘Carrie’ pernah ditolak 30 kali, dan ‘Chicken Soup for the Soul’ pernah di tolak sampai 140 kali. Bahkan, ia sempat melemparkan naskah bukunya itu ke kotak sampah.

Kemudian, Margaret Mitchell penulis buku ‘Gone With The Wind’ naskahnya ditolak oleh 38 penerbit. James Joyce melalui karyanya ‘Dubliner’ sempat ditolak sampai 18 kali dan hampir memakan waktu sembilan tahun sebelum dipublikasikan kembali.

Lalu, Darcie Chan saat menulis novel pertamanya ‘The Mill River Recluse’ pernah ditolak selusin penerbit dan lebih dari 100 agen sastra. Bahkan, beberapa penerbit ketika itu mengatakan: “Buku ini benar-benar tidak cocok untuk genre apapun. Novel ini memiliki unsur romantis, ketegangan, misteri, tetapi akan jatuh dalam semua kategori fiksi sastra, dan paling sulit untuk menjual."

Kemudian, penulis self publishing sukses yang pernah mengalami penolakan naskah adalah Amanda Hocking. Bahkan, ia memiliki sebuah tempat dalam kotak sepatu, yang isinya surat penolakan dari penerbit. Dia menerima surat penolakan terakhirnya pada bulan Februari 2010.

Penulis buku lainnya, Ronald H Balson juga pernah mengalami hal serupa. Novel ‘Once We Were Brothers,’ yang bercerita tentang Perang Dunia II pendudukan Polandia itu pernah ditolak beberapa kali. Akhirnya novel tersebut diterbitkan sendiri melalui perusahaan penerbitan miliknya. Selama dua tahun, Ronald menjual 100.000 eksemplar yang luar biasa. Kini buku tersebut sudah diakuisisi oleh St Martin Press, dan edisi terbarunya akan keluar musim gugur ini.

Nah, dari beberapa contoh diatas, ketika Anda misalkan naskah ditolak oleh penerbit, ada baiknya menganggap hal tersebut sebagai berkah untuk terus maju dan berkembang menjadi seorang penulis buku yang hebat.***/

sumber : http://sehabooks.blogspot.com/2013/11/naskah-ditolak-self-publishing-bertindak.html, akses tgl 05/11/2013.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment