Search

Kesehatan Reproduksi dalam Perspektif Islam

Posted by Zam on Tuesday, December 3, 2013

Islam adalah agama yang universal, ajaran Islam bukan hanya mengatur hal-hal yang berkaitan dengan ibadah, fiqh, tauhid dan lain sebagainya atau dalam bahasa al-Quran dikenal dengan haballum minnallah.Akan tetapi Islam juga mengatur aspek duniawi manusia karena pada dasarnya Islam adalah merupakan agama rahmatan lil alamin. Oleh sebab itu sudah sewajarnya ajaran Islam memiliki konsep yang jelas tentang kesehatan secara spesifik kesehatan reproduksi manusia. Islam sebagai pedoman hidup mengatur dan mengarahkan manusia yang berakal (Ulil Al bab) sehingga akan bermuara pada kebahagiaan dunia dan kebahagiaan akhirat. 

==============================

Manusia dalam menjalankan kehidupanya memiliki sisi-sisi yang tidak terlepas dari perhatian ajaran Islam salah satunya adalah sisi kesehatan. Kesehatan adalah merupakan nikmat yang sangat luar biasa nilainya, tanpa kesehatan tentu saja manusia tidak bisa menjalankan aktifitasnya oleh karena itu setiap manusia memiliki kewajiban untuk menjaga dan memelihara kesehatannya secara sunguh-sungguh.

Kesehatan adalah merupakan hal yang sangat vital bagi kehidupan manusia selain sandang, pangan dan papan. Karena kesehatan sarana untuk mencapai kehidupan yang bahagia. Sebesar apapun nilai kekayaan kita, dan setinggi apapun jabatan kita semuanya akan tersa hambar tanpa dibarengi dengan kesehatan. Dalam sebuah hadits nabi Muhammad saw., bersabda:

Perhatikanlah lima perkara sebelum datang lima perkara:1. Masa hidupmu sebelum datang maut mu; 2. Masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu; 3. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu; 3. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu; 4. Masa kayamu sebelum datang masa fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi).

Salah satu makna hadits ini bahwasanya Islam mengajarkan agar setiap saat kita menjaga kesetan kita sehingga dengan kesehatan itu kita bisa secara maksimal melakukan ibadah kepada Allah swt.

Disamping itu Islam juga memerintahkan kepada setiap manusia yang sakit untuk berobat kepada ahlinya karena sesungguhnya itu merupakan bentuk ibadah kepada Allah swt. Dalam hadits nabi Muhammad saw., juga bersabda:

Berobatlah wahai hamba-hamba Allah, karena sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan suatu penyakit, kecuali telah diturunkan juga obatnya, selain penyakit yang satu, yaitu penyakit tua (pikun) (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, Hakim) 

Islam mengajarkan prinsip-prinsip kesehatan, kebersihan dan kesucian lahir dan batin. Nabi Muhammad saw. Bersabda: 

Kebersihan itu adalah sebahagian dari Iman.

Antara kesehatan jasmani dan rohani merupakan sebuah kesatuan sistem yang terpadu dan terintegrasi. Sebab kesehatan jasmani dan rohani menjadi syarat bagi tercapainya suatu kehidupan yang sejahtera di dunia dan diakhirat. Sistem kesehatan dalam Islam salah satunya tercermin dalam syariat yang mewajibkan perbuatan membersihkan diri dari kotoran (najis) dari hadats dan dari kotoran hati. Semua itu berada dalam satu paket ibadah misalnya setiap umat Islam yang akan menjalankan ibadah shalat maka diwajibkan terlebih dahulu untuk berwudhu’ kemudian setiap pasangan suami istri yang selesai berhubungan diwajibkan mandi yang telah ditentunkan tatacaranya sesuai dengan ajaran Islam. Allah swt. berfirman:

Terjemahan: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub Maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur (QS:Al-Maidah Ayat 6)

Kita sudah fahami bersama bahwasanya pangkal dari kesehatan adalah kebersihan, bahkan melalui ajaran rasul saw. Kita dituntun untuk senantiasa memperhatikan masalah kebersihan. Kaedah ushulliyah mengatakan kesehatan jasmani didahulukan daripada kesempurnaan agama sementara kebersihan itu sebagian dari iman. Jadi iman merupakan pokok ajaran untuk berbuat secara sehat, Islam misalnya menunjukkan kebersihan dan kesucian kedalam lima bagian, kebersihan dan kesucian rumah dan pekarangan, badan, pakaian, makanan serta kebersihan dan kesucian ruh dan hati. 

Secara spesifik perhatian Islam terhadap masalah kesehatan reproduksi sangatlah besar, hal ini tercermin dalam beberapa hal sebagai berikut:

a. Larangan berduaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim

Pelarangan berduan antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim adalah merupakan salah satu langkah preventif ajaran Islam untuk menghindari perzinaan (hubungan seksual diluar pernikahan) yang merupakan perbuatan terlarang.Allah swt. berfirman dalam al-quran:

Terjemahan: Dan janganlah kamu mendekati zina,(zina) itu sungguh suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al-Isra’ Ayat 32).

Perzinahan memiliki dampak negatif yang besar karena bisa menyebabkan kehamilan yang tidak dikehendaki (unwanted pregnancy) yang ujunganya akan berakibat pada terjadinya aborsi sedangkan aborsi itu sendiri dapat menimbulkan berbagai penyakit diantaranya kemandulan, atau timbulnya berbagai macam penyakit kelamin seperti AIDS yang sudah barang tentu akan merugikan wanita itu sendiri . Oleh karena itu Islam memberikan perhatian besar dalam masalah reproduksi wanita, agar setiap orang menjaganya dengan baik sehingga wanita dapat menjalankan fungsi reproduksinya secara sehat dan bertanggung jawab. Nabi Muhammad saw. bersabda: 

Janganlah sekali-kali seseorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang wanita di tempat yang sepi kecuali jika ada mahrom.

b. Larangan Berhubungan Seks ketika Istri Sedang Haid

Darah haid adalah darah yang keluar dari kubul (farji) perempuan berada dalam keadaan normal (sehat), bkan disebabkan karena persalinan atau robeknya selaput darah. Keluarnya darah haid bagi seorang wanita adalah merupakan fitrah atau pembawaan yang dianugrahkan oleh Allah swt. karena mereka kaum wanita. Para ulama mengatakan bahwa darah haid itu adalah najis. Oleh karena itu, seorang muslim yang hendak melakukan shalat dan apabila pakaiannya terkena darah haid, maka terlebih dahulu dibersihkan lalu dicuci. Nabi Muhammad saw. bersabda:

Dari Asma’ ra. Ia berkata, Seorang wanita datang kepada Nabi saw. lalu dia bertanya: Baju salah seorang dari kami terkena darah haid. Bagaimana cara membersihkanya? Nabi saw. bersabda: Awalnya buang darahnya, sesudah itu gosok-gosok kain itu dengan ujung jari dengan memakai air, kemudian siram, lalu pakailah (untuk) shalat. (HR. Bukhari dan Muslim).

Haid adalah fitrah/pembawaan bagi seorang wanita serta sebagai tanda kalau wanita itu sudah menginjak baligh (dewasa) dan sekaligus baginya telah ada beban untuk melaksanakan segala apa yang diperintahkan Agama Islam. Wanita yang sedang haid dilarang untuk melaksanakan ibadah shalat, puasa dll.,dan dilarang pula untuk melakukan hubungan seks sebelum mereka dalam kedaan suci. Allah swt. berfirman:

Terjemahan: Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah: Haid itu suatu kotoran oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita yang sedang haid. janganlah kamu (kaum laki-laki) mendekati (menyentuh) mereka (kaum wanita) sebelum mereka suci, maka campurilah mereka itu ditempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang mensucikan diri. (QS: Al-Baqarah Ayat:222).(*) 

Imam Pribadi
sumber : http://www.palopopos.co.id/?vi=detail&nid=67802, akses tgl 04/12/2013.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment