Search

Cepat adili pembakar hutan di Riau!

Posted by Zam on Monday, March 10, 2014


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta penegak hukum untuk segera mengusut pelaku pembakaran hutan di Riau. Bahkan jika perlu, para pelaku segera disidang akibat perbuatannya tersebut.

"Sudah sejumlah orang diperiksa, instruksi saya cepat kalau perlu pengadilan dipercepat sehingga rakyat tahu yang lalai diberikan sanksi," ujar SBY membuka ratas hari ini, Senin (10/3).

SBY khawatir jika tidak disegerakan proses hukum, akan terbentuk opini yang lain di kalangan masyarakat. Sebab, akibat pembakaran hutan itu, mengganggu aktivitas ratusan orang dan penerbangan.

"Kalau tidak, nanti lupa sehingga terbentuk opini ada apa-apa. Saya instruksikan pelaksanaan penindakan dan proses hukum dipercepat, tetap adil tapi dipercepat sehingga ada efek baik agar tidak begitu saja ceroboh sengaja bakar dan tidak tanggung jawab yang akan susahkan ratusan ribu masyarakat, ganggu penerbangan dan aktivitas lain," ujarnya.

SBY mengaku sudah sampaikan instruksi tersebut kepada menteri terkait. SBY juga minta instruksi ini disampaikan ke pemerintah daerah agar imbau warganya untuk tidak membakar hutan maupun ladang.

"Itulah yang ingin saya sampaikan, sudah sampaikan ke menteri terkait, tolong sampaikan ke daerah, jangan lakukan sesuatu yang susahkan orang lain, tidak tanggung jawab apalagi dengan penuh kesengajaan," ungkapnya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment