Search

Mahkota Tertua di Dunia Diklaim Berumur 6000 Tahun

Posted by Zam on Monday, March 10, 2014


Mahkota memang menjadi sesuatu yang amat berharga pada jaman dahulu karena menjadi suatu lambang kekuasaan para raja. Baru-baru ini sebuah mahkota yang diklaim sebagai tertua di dunia muncul untuk pertama kalinya dalam sebuah pameran di Amerika.

Mahkota tertua di dunia tersebut diyakini memiliki usia lebih dari 6 ribu tahun. Benda yang merupakan peninggalan kuno dari zaman tembaga ini memiliki wujud seperti cincin tebal dengan hiasan burung nasar di tengahnya. Mahkota ini pertama kali ditemukan oleh arkeolog Israel di sebuah gua dekat Laut Mati pada tahun 1961.

Selain mahkota, para arkeolog juga menemukan berbagai benda-benda bersejarah lainnya yang jumlahnya mencapai 400. Ratusan benda antik tersebut diantaranya adalah dua patung dewa dari tanah liat, tongkat dengan hiasan tanduk binatang dan peralatan makan. Penemuan ini tentunya menjadi bahan kajian yang menarik bagi para arkeolog tentang bagaimana orang jaman dahulu membuat benda yang tetap awet hingga ribuan tahun.

"Hal yang luar biasa dari periode ini adalah ledakan inovasi yang menjelaskan teknologi dunia kuno selama ribuan tahun," ujar Daniel M. Master selaku Profesor Arkeologi dari Wheaton College. "Dari perspektif masyarakat modern, sangat menakjubkan melihat masyarakan zaman dahulu sudah menguasai banyak sistem sosial dan teknologi baru serta memiliki kemampuan membuat benda artistik."

Pameran ini diselenggarakan oleh Universitas New York jurusan Studi Dunia Kuno dengan tajuk "Master of Fire: Copper Age Art from Israel". Selain mahkota, pameran ini juga mempertunjukkan 150 benda artefak lainnya dari seluruh dunia kepada publik hingga 8 Juni mendatang.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment