Search

Pemerintah Rusia Jual Pesawat Antariksa Rp11,7 Miliar

Posted by Zam on Monday, April 28, 2014


Sebuah pesawat antariksa dilelang oleh pemerintah Rusia dengan harga 600 ribu poundsterling atau sekira Rp11,7 miliar (Rp19.545 per poundsterling).

Pesawat ulang alik Vozvrashchayemyi adalah salah satu pesawat antariksa yang paling dijaga ketat kerahasiaannya. Pesawat mata-mata untuk Uni Soviet ini meluncurkan ke luar angkasa pada 1970. Demikian diberitakan Daily Mail, Sabtu (26/4/2014).

Pelelangan pesawat antariksa ini mungkin yang pertama kali di dunia, biasanya barang-barang astronot yang pernah dilelang hanyalah pakaian astronot.

Namun, untuk memiliki pesawat Vozvrashchayemyi ini Anda harus mendapatkan izin dari Pemerintah Rusia sebelum Anda membawanya pulang ke rumah.

Selain melelang pesawat antariksa yang masih aktif digunakan ini, Pemerintah Rusia juga melelang pakaian anti gravitasi yang dipakai oleh astronot kelahiran Inggris, Michael Foale, yang pernah dipakainya saat perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2003.

Pakaian astronot ini diharapkan dapat terjual dengan harga 50 ribu poundsterling atau sekira Rp977 juta pada pelelangan yang dilakukan Mei 2014 di rumah lelang Lempertz di Brussels.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment