Search

Burung Lyrebird dapat Tirukan Segala Jenis Suara

Posted by Zam on Sunday, May 4, 2014


Burung asli Australia, Lyrebird, dapat dianggap sebagai bintangnya segala macam burung. Karena burung ini mampu menirukan sekitar 20 jenis suara burung lain. Tidak hanya suara burung, ternyata ia juga mampu meniru suara seperti jepretan kamera, alarm mobil bahkan gergaji mesin.

Suara unik Lyrebird rupanya juga dimanfaatkannya untuk mencari pasangan. Namun tidak semua burung Lyrebird dapat melakukan itu, karena hanya yang berjenis kelamin jantan. Sedang yang betina tidak begitu menyukai meniru suara-suara lain.

Lyrebird jantan sangat suka pamer kebolehannya meniru beberapa suara, terutama saat musim kawin untuk menarik perhatian betina. Saat mulai "menyanyikan" suara-suara tiruannya, Lyrebird akan merentangkan bulu ekornya yang sepanjang 71 cm. Semakin banyak jenis suara yang ditirukan Lyrebird jantan, semakin menarik perhatian sang betina.

Belum ada jawaban ilmiah yang jelas mengapa beberapa burung seperti Lyrebird dapat menirukan suara. Departemen Ilmu Burung Museum Australia, Jaynia Sladek, mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari bahasa burung. "Burung-burung tersebut menunjukkan bahwa mereka sangat hebat karena dapat meniru suara-suara lain," kata Jaynia.

Karena daya tarik burung ini, maka banyak fotografer yang ingin memotretnya. Suara kamera yang dihasilkan dari fotografer tersebut akhirnya ditiru pula oleh Lyrebird. Keunikannya tidak sampai di situ, ia tidak akan pernah lupa pada suara yang telah ditirunya sehingga memperkaya keberagaman bunyi-bunyian kegiatan manusia.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment