Search

Mana yang lebih sehat, sayuran segar atau olahan?

Posted by Zam on Wednesday, November 20, 2013


Jamban Panyileukan - Buah-buahan lebih sehat jika dikonsumsi dalam bentuk segar. Lantas bagaimana dengan sayuran? Ternyata beberapa sayuran lebih sehat jika dikonsumsi dalam bentuk segar atau olahan. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Health berikut ini.

Asparagus

Sayuran ini dianjurkan untuk dikonsumsi dalam bentuk olahan, terutama kukusan. Sebab asparagus kukus mampu mengeluarkan senyawa yang ampuh melawan kanker.

Bit

Bit kehilangan 25 persen kadar folat jika dimasak. Jadi bit sebaiknya dimakan dalam bentuk segar untuk menjaga nutrisi yang terkandung.

Brokoli

Sama seperti bit, brokoli paling baik dikonsumsi dalam bentuk segar. Sebab ada senyawa khusus dalam brokoli segar yang mampu membersihkan hati dari racun penyebab kanker.

Jamur

Saat mengonsumsi jamur, jangan lupa memasaknya terlebih dahulu. Entah itu direbus, dipanggang, atau dikukus, jamur mengandung lebih banyak kalium setelah diolah jadi masakan.

Bawang bombai

Cukup iris dan langsung makan bawang bombai dalam bentuk segar. Kandungan senyawa bernutrisi di dalam bawang bombai segar jauh lebih banyak daripada jika makanan ini dimasak.

Paprika merah

Vitamin C pada paprika merah akan hancur jika digoreng atau dipanggang di atas suhu 190 derajat Celsius. Maka dari itu, konsumsi paprika merah dalam bentuk segar saja.

Bayam

Bayam perlu diolah menjadi masakan jika ingin mendapatkan nutrisi kalsium, zat besi, dan magnesium yang lebih tinggi. Sementara bayam segar tidak mengandung nutrisi setinggi itu.

Tomat

Bagaimana dengan tomat, lebih sehat dimakan langsung atau diolah dahulu? Ternyata jawabannya adalah dimasak karena kandungan nutrisi pelawan kanker pada tomat olahan jauh lebih tinggi daripada yang segar.

Itulah berbagai sayuran yang ternyata lebih sehat jika dimakan dalam bentuk segar, sementara yang lain lebih dianjurkan untuk dikonsumsi setelah diolah.
 [riz]

Reporter : Rizqi Adnamazida
sumber : http://www.merdeka.com/sehat/mana-yang-lebih-sehat-sayuran-segar-atau-olahan.html, akses tgl 17/10/2013.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment