Search

Calon Anggota DPR (Caleg) Merampok! Ditembak Polisi

Posted by Zam on Sunday, December 1, 2013

Calon Anggota DPR, Indra Kusumah,
diantara kawanan perampok lainnya yang dibekuk polisi
Tuban – Jamban Panyileukan: Seorang Calon Anggota DPR (Caleg) untuk pemilu legislatif 2014 ditembak polisi karena merampok nasabah bank. Caleg tersebut bernama Indra Kusumah dari Daerah Pemilihan-2 (dapil 2) Kabupaten Musiwaras, Sumatera Selatan, dilumpuhkan Petugas Polres Tuban saat berusaha kabur bersama kawanan perampok lainnya.

Calon wakil rakyat tersebut ditembak saat melakukan perampokan terhadap pemilik Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Lohjinawe, Kabupaten Tuban.

Selain Indra. Anggota Polri berhasil membekuk empat perampok lainnya yang memang merupakan rampok spesialis nasabah bank. Kelimanya terpaksa dilumpuhkan oleh petugas dengan timah panas lantaran berusaha kabur, Rabu (27/11/2013).

Caleg Indra Kusumah dan empat orang kawannya merupakan komplotan dari luar Jawa. Nama-nama mereka selengkapnya adalah Indra Kusumah (46) asal Kabupaten Musirawas, Sumsel, Kelvin Jacky (24) asal Rejang, Bengkulu, Devin (23) warga Bandar Lampung, Bambang Irawan (24) asal Kabupaten Lahat, Sumsel dan Suharlani (36) warga Kabupaten Rejang, Provinsi Bengkulu.

Penangkapan para pelaku komplotan perampok nasabah bank tersebut berawal saat Caleg Indra dan kawan-kawan telah melakukan perampokan di wilayah Tuban pada hari Selasa minggu kemarin. Selanjutnya petugas melakukan penyelidikan atas kasus tersebut dengan melakukan pemeriksaan para saksi dan sejumlah rekaman CCTV.

“Selanjutnya pada hari Sabtu kemarin kita mendapatkan informasi kalau pelaku sedang berada di wilayah Jombang. Kemudian kita langsung melakukan koordinasi dengan Polres Jombang dan seluruh polres jajaran Polda Jatim,” terang AKBP Ucu Kuspriyadi, Kapolres Tuban, di kantornya.

Anggota dari Sat Reskrim Polres Tuban langsung datang ke Jombang untuk meminta bantuan anggota dari Jombang menangkap Caleg Indra dan kawanan perampok lainnya yang sedang menginap di hotel. Indra adalah perampok pertama yang berhasil dibekuk petugas.

“Sedangkan untuk pelaku lainnya berhasil ditangkap tempat yang berbeda saat akan melakukan aksinya di salah satu bank yang juga ada di Jombang. Namun belum berhasil melakukan aksinya sudah berhasil kita tangkap terlebih dahulu,” lanjut Kapolres Tuban.

Setelah dilakukan penangkapan di Jombang, Indra dan kawan-kawannya tersebut langsung dibawa ke Mapolres Tuban untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mengembangkan keterkaitannya dengan kejadian lainnya baik di Jawa Timur maupun luar Jawa Timur.

“Dari hasil sementara aksi kejahatan mereka baru pertama, yakni korban atas nama Kastutik, Ketua KSP Lohjinawe dengan kerugian sekitar seratus juta rupiah. Namun kita masih melakukan pengembangan dengan jajaran polres lain, karena pelaku sudah singgah di beberapa wilayah hingga akhirnya sampai Jawa Timur,” ungkap Kapolres Tuban.

Saat diinterogasi. identitas Indra Kusumah terungkap sebagai Calon Anggota DPR (caleg) dari dapil 2 Kabupaten Musiwaras, Sumatera Selatan. Ia mengaku sebagai anggota dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Saya kalau di partai hanya sebagai anggota,” terang Indra Kusumah saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Tuban.

Indra mengaku uang hasil merampok tersebut dibutuhkannya untuk biaya mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). “Ya ini uangnya untuk nyaleg, minimal biayanya sampai seratus juta rupiah. Semua dananya kita tanggung pribadi,” lanjut Indra.

Kapolres Tuban AKBP Ucu Kuspriyadi membenarkan otak dari perampokan nasabah bank adalah Indra Kusumah yang merupakan seorang calon anggota legislatif. “Informasinya seperti itu, kita masih terus mengembangkan terungkapnya kasus ini,” tutur Kapolres Tuban. [KbrNet/beritajatim/adl]

by KabarNet
sumber : http://kabarnet.wordpress.com/2013/11/28/calon-anggota-dpr-caleg-merampok-ditembak-polisi/#more-53072, akses tgl 02/12/2013.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment