Search

Uniknya Bunga Sakura Warna Hijau di Jepang

Posted by Zam on Sunday, May 4, 2014


Musim semi di Jepang identik dihiasi oleh pemandangan pohon sakura yang berbunga. Biasanya, bunga sakura berwarna pink namun kali ini ada yang tak biasa. Kelopak bunga Sakura ini berwarna hijau.

Sakura hijau itu dinamai Gyoikou zakura atau bermakna sakura kain kuning kerajaan. Penamaan tersebut bermula dari warna hijau di pakaian kebesaran para bangsawan periode Heian (794-1185). Sedangkan sejarah mekarnya Sakura pertama adalah di era Edo (1603-1867).

Sakura warna hijau ini sendiri masih cukup langka di Jepang sehingga kerap membuat warga terpana melihatnya. Pohonnya juga sulit ditemui dan bunganya yang hijau kerap dikira daun dari kejauhan. Periode mekar jenis ini setelah Yoshino yang salah satunya ada di Noto, perfektur Ishikawa.

Meski begitu, pohon sakura hijau ini sebenarnya tersebar di seluruh penjuru Jepang seperti di Kakegawa di perfektur Shizuoka. Mekarnya biasanya terjadi kisaran April, tepat saat tradisi hanami atau piknik di bawah pohon Sakura dimulai. Tentunya melakukan hanami di bawah sakura hijau akan memberikan kenangan unik tersendiri.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment